Cara Memperbaiki Kipas Angin

Cara Memperbaiki Kipas Angin Yang Putaranya Lambat atau Berdengung perlu dipelajari agar saat terjadi masalah tersebut kita tidak bingung bagaimana menyelesaikan masalah ini. Permasalahan Kipas ada banyak sekali beberap diantaranya : Kipas Macet, Mati Total, Tanpa Kapasitor, Gantung kecil, Remote Miyako Eror dan banyak lagi lainya.

Disini saya akan membahas bukan hanya Penyebab Dinamo Kipas Angin Panas tapi juga Bagaimana Cara Menyambung Kabel Dinamo, Cara Memperbaiki Kipas Angin Jepit, Bagaimana Bushing, Apa Penyebab Kipas Angin Bergetar dan Cara Mengecek Thermofuse ( Sekering ). Nah Untuk Lebih jelas seputar masalah ini silakan cek Panduan Lengkap dari satuhari.com Dibawah ini

Penyebab Kerusakan dan Cara Memperbaiki Kipas Angin

Belajar Cara Menservice kipas tentu harus belajar juga terntang Apa saja seputar Fan ini misalnya seputar : Sekring Kipas Angin, Thermofuse, Bushing, Warna Kabel, Fungsi Kotak Hitam, Penyebab dinamo panas dan tentu Belajar membongkarnya.

Jadi kita tidak hanya mampu membayar Harga Kipas Angin Baru tapi juga mereparasi kipas angin bekas yang rusak sekalipun. Nah untuk Lebih jelas yuk simak Penjabaranya dibawah ini

1. Kipas angin tidak bisa Berputar kanan dan kiri

Jika anda mengalami Masalah kipas yang tidak bisa nengok ke kanan dan kekiri maka satu hal yang perlu di cek adalah bagian motor/dinamo kipas apakah ada yang rusak atau tidak, biasanya hal ini disebabkan oleh masalah kecil yaitu baut pengunci antara dinamo dengan roda gigi yang kendor akibat pemakaian yang terlalu lama.

Namun jika kipas angin anda merupakan jenis kipas yang memakai dinamo tersendiri, maka cara memperbaikinya dengan memeriksa saklar on/off nya apakah ada kemungkinan kerusakan pada dinamo penggeraknya.

2. Putaran Baling-baling sangat Pelan

Kerusakan seperti ini cara memperbaikinya mirip dengan Cara memperbaiki Kipas Angin Berdengung karena memang secara tanda itu mirip. Solusi untuk menyelesaikan kerusakan seperti ini adalah dengan melakukan hal simpel ini :

  • memastikan bahwa AS Kipas tidak seret / macet (jika memang terindikasi macet maka anda wajib membersihkan dulu)
  • Kalau sudah silakan pastikan juga bagian antara as dengan bos (bearing) kipas tidak goyang/ kendor. Jika Dirasa kendor silakan dikuatkan dulu.
  • Kalau semua langkah diatas sudah dicek namun kipas tetap ndak mau berputar silakan coba untuk mengganti kapasitornya ( biasanya untuk kipas angin capasitornya berukuran 1 mf, 1.5 mf dan ukuran lainya)

3. Kipas Tak Berputar dan Berdengung

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total Berdengung dan Tidak Bisa Berputar

Masalah Kipas angin yang tidak bisa berputar, berputar tapi cuma lambat dan kadang terdengar suara dengung itu sering terjadi karena kerusakan pada bushing atau bearing. Jika Bearing pada kipas angin kita rusak biasanya akan sangat sulit memperbaikinya karena memang part ini didesain untuk tidak bisa lagi diservis.

Hal ini dikarenakan pada bagian pengunci penutup bearing biasanya akan patah, Hal ini yang menjadikan kita harus menggantinya dengan sparepart yang baru. Tapi tenang Harga bearing kipas dipasaran cukup murah kok hanya sekitar lima belas ribu rupiah atau dua puluhan

Bearing kipas angin yang sudah rusak biasanya akan berubah warna menjadi hitam seperti barang yang terbakar. Fungsi dari bushing adalah sebagai tempat kedudukan as kipas. Jika ada masalah pada kedudukan ini maka bisa dipastikan kipas tidak akan bisa memutar kanan kiri dengan baik atau malah kadang kipas tidak bisa berputar sama sekali. Keausan merupakan penyebab utama Kerusakkan yang terjadi pada bushing walaupun kadang juga bisa dikarenanan getaran keras pada Kipas.

Panduan Cara mengganti bushing kipas angin:

  • Silakan Bagian semua cover ( penutup kipas ) Dibuka Dulu
  • Lepaskan Semua baut yang lokasinya berada dibagian belakang (biasanya berada di dekat kumparan).
  • Copot bushing yang rusak kemudian ganti dengan yang baru.
  • Pasang Kembali Semua baut dan baling-baling kipasnya
  • Jangan Lupa Untuk Mencoba dulu dengan cara menghidupkan kipas.
  • Jika Semua Dirasa sudah ok, silakan pasang kembali semuanya.

4. Kerusakan non tehnis

Untuk masalah Kipas yang rusak baik itu dari Maspion, Miyako, Cosmos, Panasonic dan lainya secara umum penyikapanya sama. Beberapa masalah Umum semisal baling-baling yang pecah , Patahnya Bagian leher kipas angin Sobeknya Saklar, patahnya Kaki kaki Kipas Angin Berdiri Atau Rusaknya Kabel Itu menjadi hal yang sangat mudah untuk diperbaiki.

Anda cukup membelikanya part yang baru dan pasang sesuai dengan tempatnya. Hal ini pernah dialami seseorang yang rusak salah satu sparepart Kipas Angin Sekai nya di Rumah lalu membeli di Toko sparepart elektronik dan viola mesinya nyala

5. Kipas angin mati total

Masalah kipas angin yang mengalami kerusakan mati total itu bisanya ditandai dengan tidak berfungsinya tombol di ON / OFF saat dipencet. Jadi Walau ditekan Sampai kapan, baling-baling kipas tetap tidak berputar dan tidak ada dengungan karena tidak ada getaran sama sekali di bagian Dinamo motor kipasnya. Hal ini bisa dikatakan kalau arus listik tidak ada yang masuk kedalam Kipas.

Cara Mengatasi :

  • Untuk cara Memperbaiki masalah ini Maka Silakan Periksa Dulu Bagian sekring apakah putus atau tidak
    Kemudian cek bagian kabel power siapa tahu juga putus
  • Jangan Lupa untuk Mengecek tombol speednya atau kadang bisa juga cek tombol timer jika memang ada
  • Jika Setelah pengecekan dan ke empat elemen tersebut masih dalam kondisi yang baik maka bisa berlanjut ke langkah selanjutnya yaitu dengan mengecek motor kipas (Untuk melakukan ini maka diperlukan multi tester) karena bisa jadi gulungan motornya putus atau bahkan bisa terbakar.

6. Salah satu Saklar speednya mati

Kipas angin kadang memiliki 3 tombol speed, tetapi ada kalanya salah satu tombol pengatur kecepatanya mati, misalnya speed no 2 mati, maka besar kemungkinan adalah terjadinya kerusakan pada sparepart tombol speednya, atau bisa juga sih terjadi kerusakan pada bagian motor/dinamo kipasnya.

Nah untuk lebih jelas silakan cek satu persatu. Hal ini juga berlaku untuk Kipas Angin Embun yang besar dan mati saklarnya

7. Kipas Tak Berputar tapi juga tidak Berdengung

Jika anda mengalami Kipas angin tidak bisa berputar tapi juga tidak mengeluarkan suara dengung yang berasal dari dalam kipas maka bisa saja. sekring (fuse) yang mengalami kerusakan dan putus. Sekring ( fuse ) merupakan suatu komponen pengaman yang ditanamkan dalam peralatan elektronik agar bisa terhindar dari potensi kebakaran.

Didalam Kipas Angin , Fungsi dari Fuse adalah menjadi pengaman dari potensi panas yang berlebihan akibat dari putaran si KIpas. Hal ini bertujuan untuk melindungi kumparan agar terhindar dari potensi terbakar. Jika kondisi kumparan yang terlalu panas maka secara otomatis sekring akan memutuskan dirinya sendiri.

Nah Untuk memastikan apakah sekring kipas anda rusak atau tidak maka anda bisa melakukan pengukuran dengan memakai multitester. Hal ini tetap bisa dilakukan walaupun kipas yang anda miliki di rumah itu Sebuah Kipas Angin Turbo Sekalipun

Video Cara Memperbaiki Kipas Angin

Dibawah ini Saya Sertakan Beberapa Video yang bisa menjadi pelajaran bagaimana Cara menyelesaikan masalah kerusakan pada Kipas angin anda Di Rumah

,